PGMI FTIK IAIN Manado – Kamis (11/07/2024) Dalam upaya meningkatkan kemampuan penulisan dan merubah Hasil Penelitian, Skripsi, Tesis menjadi Artikel Jurnal di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado menggelar webinar bertema “Teknik Penulisan Akademik: Hasil Penelitian, Skripsi, Tesis menjadi Artikel Jurnal”. Webinar yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Prodi PGMI, dosen, serta peneliti dari berbagai institusi pendidikan.

Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teknik penulisan akademik, khususnya dalam mengubah hasil penelitian, skripsi, dan tesis menjadi artikel jurnal yang layak diterbitkan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan kontribusi akademik dari para peserta dan terkhusu pada mahasiswa Program Studi PGMI FTIK IAIN Manado. Webinar di buka langsung oleh Ketua Program Studi PGMI FTIK IAIN Manado Ilham Syah, M.Pd. Ketua Program Studi berharap Kegiatan Webinar ini mendapatkan respons yang sangat positif dari para peserta. Mereka merasa mendapatkan banyak wawasan baru dan inspirasi untuk mulai menulis dan mempublikasikan hasil penelitian mereka serta berharap acara ini dapat menjadi awal dari peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi Skripsi Mahasiswa PGMI menjadi Artikel Jurnal ilmiah. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang guna mendukung pengembangan kompetensi akademik dan profesional di lingkungan kampus dan masyarakat luas.

Webinar ini menghadirkan sejumlah pembicara yang ahli di bidang penulisan akademik dan publikasi jurnal, di antaranya Pembicara pertama dalam webinar ini adalah Sirajuddin Ketua Prodi Ekonomi Islam dan selaku Managing Editor Jurnal Laa Maisyir UIN Alaudin Makassar sebagai seorang pakar dalam bidang penulisan ilmiah yang telah memiliki pengalaman dalam mengubah karya akademik menjadi artikel jurnal terindeks. Pembicara Kedua adalah Mahasiswa Pasca sarjana Universitas Airlangga Ega Rusanti sedangkan Moderator Aulia Revalina Mokoginta yang merupakan Mahasiswi PGMI FTIK IAIN Manado.

Webinar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta mengenai perbedaan antara penulisan tesis atau skripsi dengan penulisan artikel jurnal, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan yang mungkin terjadi selama proses tersebut. “ils”

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts